25.11.15

Pulau ALOR



Diwilayah Timur Indonesia termasuk NTT dan khusus Kabupaten  Alor punya potensi wisata Alam dan juga budaya yang masih sangat kuat. Dari data yang ada Nusa Tenggara Timur terdapat banyak sekali destinasi daerah tujuan wisata yang kita lihat sudah terkenal , antara lain Danau Kelimutu, Komodo dan beberapa tempat obyek wisata yang ada di Flores Timur, Kabupaten Lembata, kota Kupang, sumba Timur serta Wisata Alor di Kabupaten Alor yang beribu-kota Kalabahi.
Di Kalabahi-Alor berdomisili keponakan saya Dewi Koho atau nama lengkapnya Dewi Rita Arimawati.
Pulau Alor merupakan sebuah pulau di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara dan merupakan salah satu dari dua pulau utama di
Kabupaten Alor. Letak geografisnya cukup menarik terkait lokasi Pulau Alor yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Timor Leste.  Gugusan pulau-pulau di sekitar Pulau Alor juga memiliki dasar laut yang indah. Laut bening dihiasi terumbu karang beraneka ragam dengan berbagai jenis warna membentuk ragam hias yang sangat menawan, menyerupai akuarium.
Untuk itu Arbay Koho (Suaminya Dewi Koho) menulis dalam thesisnya 
 di Fakultas Hukum – UGM : “Pentingnya ekosistem terumbu karang bagi kehidupan manusia tidak diragukan lagi. Akibat penggunaannya yang tidak didasari pada sistem perencanaan yang baik ekosistem ini mengalami kerusakan/kehancuran sampai taraf yang memprihatinkan. Kerusakan pada dasarnya disebabkan oleh perbuatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi. Menyadari permasalahan ekosistem terumbu karang adalah saling kait mengkait maka penanganannya perlu partisipasi semua komponen bangsa terutama masyarakat kawasan pesisir”. Peranan Pemerintah Kabupaten Alor dalam penanggulangan kerusakan Terumbu Karang (2006).



Terumbu karang memiliki peranan penting di Laut, selain sebagai pelindung pantai dari abrasi akibat gempuran arus dan ombak, ekosistem terumbu karang juga memiliki fungsi-fungsi ekologi. Kerusakan terumbu karang dapat mengakibatkan dampak buruk bagi ekosistem terumbu karang itu sendiri. Informasi mengenai bagaimana kondisi ekosistem terumbu karang saat ini, dapat berguna untuk pengelolaan bagi kelestariannya. 
 Kehadiran beberapa pulau kecil di sekitar Alor yang membentuk gugusan piramida atau segitiga membuat pemandangan semakin mempesona. Pulau-pulau tersebut seakan memantulkan bayangan ketika matahari berada di baliknya. Menjelang sore akan tampak nelayan di sekitar Alor sibuk mengarahkan perahu motor sambil membawa bubu di dalamnya. Nantinya alat perangkap ikan itu akan diletakkan di dasar laut untuk mendapatkan ikan dari berbagai jenis dan ukuran. Sebuah eksotisme tersendiri bagi surga tersembunyi di Kabupaten Alor - NTT.
(diPOSkan oleh 'Johnny Suyudi') 







 (Arbay & Dewi Koho keduanya pegawai  Pemda Kab. Alor - Nusa Tenggara Timur)


Silaturahmi ke Adik-2 dari Ibunya di BOGOR

SUNSET di ALOR
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar